Senin, 12 Januari 2009

Cara Sederhana Memelihara Bumi

Global Warning terlalu canggih…!

Saya tuliskan cara memelihara bumi dengan sederhana:

  1. Matikan listrik jika tidak digunakan. Jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Meski listrik tidak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik (PLN) menggunakan bahan bakar FOSIL penyumbang besar emisi
  2. Ganti Lampu Kejenis CFL, sesuai daya listrik. Sekalipun harganya agak mahal, namun lampu ini lebih hemat listrik dan awet. Bersihkan lampu dari debu, karena dapat mengurangi tingkat penerangan hingga lima persen.
  3. Jika terpaksa memakai AC (Air Conditionner) tutup pintu dan jendela selama AC beroperasi. Atur suhu sejuk secukupnya sekitar 21 -24 celcius. Jangan merokok dalam ruangan AC, harus dimulai dari sekarang.
  4. Gunakan Timer untuk mengatur AC, Microwive, Oven dan Magic Jar dll
  5. Alihkan Panas Limbah Mesin AC untuk mengoperasikan Water Hitter
  6. Tanam Pohon disekitar rumah tempat tinggal anda, kalau perlu ajak semua orang / tetangga menanam pohon apa saja.
  7. Jemur pakaian diluar, karena angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin dryer yang banyak mengeluarkan emisi karbon tentunya.
  8. Gunakan kendaraan umum (Untuk mengurangi Polusi Udara dari Mobil Anda)
  9. Hemat Penggunaan Kertas, bahan bakunya berasal dari kayu, sehingga produksi kertas menurun dan penebangan terhadap kayu atau hutan pun menurun secara perlahan.
  10. Meminimalkan penggunaan plastik. Hampir semua sampah perkotaan terdiri dari plastik yang menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Sebaiknya sampah plastik dari rumah anda dipisahkan dan menjadi penghasilan pemulung agar bisa didaur ulang.

Mulailah dari sekarang sebagai bukti kepedulian akan dunia ini, memulai dari sendiri dan sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar